Blog Information Statistic

Rabu, 28 November 2012

7 manfaat kuliah di luar negeri


Pada postingan kali ini ane ingin memberikan 7 manfaat kuliah di luar negeri menurut versi ane, semoga tulisan ini bisa memberi motivasi bagi siswa-siswi Indonesia untuk berkuliah di luar negeri.

http://i1170.photobucket.com/albums/r539/program_master/1-5.jpg


1. Pride (kebanggaan pribadi)
ane ga muluk-muluk dan mencoba untuk jaim dengan menjadikan manfaat akademik sebagai manfaat satu-satunya. Bagi ane, bersekolah di luar negeri terlebih dengan beasiswa memberi saya pride (kebanggaan pribadi). Mendapat beasiswa dengan seleksi ketat, administrasi ketat merupakan kebanggan bagi mereka yang memperoleh beasiswa ke luar negeri. Terlebih setelah belajar di luar sana, kita mendapat prestasi yang membanggakan. Lagipula, jujur saja, bahwa mereka yang bertanya kepada saya tentang belajar di luar negeri sebetulnya tidak peduli dengan topik dan riset saya di luar sana. Selain itu, prestasi ini bisa memberi inspirasi bagi orang lain untuk menyamai prestasi saya, bahkan melebihi apa yang sudah saya capai.

2. Lingkungan belajar yang berbeda
Pernah mendengar peribahasa, “mutiara di lumpur tetaplah mutiara” ? Peribahasa ini biasanya digunakan sebagai argumen untuk pernyataan “hebatnya seseorang tergantung dirinya sendiri dan bukan lingkungan”. Well, sayangnya, manusia bukan mutiara. Manusia akan nge-blend (bercampur) dengan lingkungannya. Nah, belajar di luar negeri membuat kita memiliki lingkungan akademik yang (mestinya) lebih keras dan berkualitas dibandingkan di Indonesia. Di Jepang sana, mahasiswa sangat bekerja keras untuk mendapatkan hasil riset yang baik, hal itu membuat saya menjadi semakin termotivasi untuk memperoleh hasil yang baik pula. Terlebih apabila ada tekanan dari supervisor (pembimbing), kita harus makin terpacu untuk memberikan yang terbaik.

3. Practice your English
Punya nilai TOEFL tinggi tidak menjadikan seseorang pandai dalam berkomunikasi bahasa Inggris. Di luar negeri, kita harus terbiasa berbicara dalam bahasa Inggris, bukan hanya sekedar English tapi Academic English (bahasa akademis) baik secara lisan maupun tulisan. Lisan ketika berdiskusi dengan pembimbing dan tulisan ketika membuat karya tulis.

4. Mandiri
Bagi saya yang sejak SD – kuliah tinggal di rumah orang tua, pengalaman belajar di luar negeri memberi pelajaran kemandirian. Saya harus bisa mengatur diri sendiri, mulai dari mengatur tempat tinggal, jadwal pribadi, mengatur uang hingga mengatur konflik batin (dan juga konflik dengan orang lain). Saya rasa, mereka yang pernah belajar di luar negeri, akan memiliki karakter yang tangguh (tough).

5. Memahami budaya bangsa lain
Tinggal di bangsa lain, berarti tinggal di lingkungan budaya yang berbeda dengan budaya negeri sendiri. Budaya dari mulai tingkah laku, aturan, kebiasaan, tata bahasa adalah sekian banyak dari budaya yang harus kita pahami. Menurut saya, salah satu kunci bisa sukses belajar di luar negeri adalah mampu dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan tanpa kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Kalau dilihat dari sisi positifnya, kita bisa menikmati budaya luar secara langsung. Kalau dulu, saya hanya bisa menyaksikan budaya Jepang dari televisi, saya bisa melihatnya secara langsung. It is a quite nice experience.

6. Duta bangsa
Belajar di luar negeri bukan hanya membawa nama pribadi. Kita membawa nama institusi (universitas ketika di Indonesia) terlebih membawa nama Indonesia. Kita harus bisa memperkenalkan budaya bangsa sendiri kepada orang lain. Selain itu, kita harus meninggalkan kesan baik di luar sana, sehingga nama bangsa Indonesia bisa mendapat apresiasi yang baik.

7. Batu loncatan untuk karir selanjutnya
Ketika kita belajar di luar negeri (dengan asumsi kita berprestasi baik), maka akan berdatangan tawaran untuk karir selanjutnya. Apabila kita sedang S2 (master), maka tawaran untuk S3 akan berdatangan. Ketika S3, tawaran untuk Post Doc akan terbuka. Perkara yang besar akan datang dengan sendirinya ketika kita setia dengan perkara kecil.


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Overseas Zone | Study Abroad | Sekolah Luar Negeri dan Sekolah Pilot
Copyright 2013 Pusat Informasi Dunia - Google Overseas Zone - Facebook 234 SC