Blog Information Statistic

Selasa, 04 Desember 2012

Manakah lebih besar gaji pilot penerbang sipil atau penerbang fighter?

Narasumber : M.Manurung, anggota TNI

Seorang pilot pesawat fighter harus memiliki,kemampuan IQ,kesehatan dan fisik yang kuat karena pesawat yang dibawa memiliki kecepatan sangat tinggi dan berada diketinggian yang lebih dari pada pesawat sipil yaitu sekitar 55000feet,selain itu seorang pilot pesawat fighter memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi,selain dituntut memiliki konsentrasi dan kemampuan yang  tinggi,pilot pesawat fighter juga harus  mengatasi sendiri (memanagement) ketahanan mereka terhadap tekanan Gravitasi, belum lagi mereka harus konsentrasi pada saat menghadapi musuh, dan menyiapkan instrumen penyerangan ( ini semua terjadi dalam hitungan detik), telat sedikit bisa bisa habis riwayat.

penerbang fighter menerbangkan pesawat hanya untuk latihan,tugas dan keadaan darurat guna melidungi wilayah udara Indonesia dari gangguan /ancaman luar,untuk gaji tergantung standar pangkat+ honor terbang.Dalam  3 bulan, jam terbang pilot fighter mungkin sekitar 200 jam,hal ini karena terbatasnya anggaran.

Seorang  pilot penerbang sipil memiliki gaji yang lebih besar dari pada gaji pilot fighter karena pilot penerbang sipil dibayar dari jam terbangnya. setiap kali terbang dibayar perjamnya,dalam sehari pilot pesawat sipil bisa memiliki jam terbang 8jam,bila dalam sebulan saja bisa 20 hari terbang sudah 160jam.jadi penerbang sipil memiliki jam terbang yang lebih banyak,sehingga penghasilan yang diterima pun lebih besar.
Memang secara gaji pilot pesawat sipil memiliki tingkat penghasilan yang lebih tinggi dari pilot pesawat fighter,namun menjadi penjaga langit Indonesia adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi pilot pesawat fighter.

Tanggapan:
Saya kagum akan para pilot pesawat fighter Indonesia,meskipun dari segi gaji lebih kecil dari pada pilot pesawat ,tapi memiliki kebanggaan tersendiri bisa melindungi Negara ini.Dan kemampuan yang mereka miliki sangat tinggi,tidak semua orang bisa menjadi seorang pilot fighter.
menurut informasi internet yang saya baca,gaji pilot penerbang sipil digaji berdasarkan barnya.

    1.    bar 1 ada yang masih di gaji 7 juta – 15 juta
    2.    bar 2 10 juta- 20 juta
    3.    bar 3 15juta – 25 juta
    4.    bar 4 ( Captain ) junior 25 – 30 juta
    5.    senior 30 – 40 juta
    6.    instruktur 40 – 50 juta

NB:
Ini belum termasuk bonus lain-lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Overseas Zone | Study Abroad | Sekolah Luar Negeri dan Sekolah Pilot
Copyright 2013 Pusat Informasi Dunia - Google Overseas Zone - Facebook 234 SC