Blog Information Statistic

Senin, 03 Desember 2012

Kota Terbaik di Asia untuk Kuliah


http://i1247.photobucket.com/albums/gg634/ozone12/singapore1.jpg

Asia menempatkan 10 kota dalam daftar 50 kota dunia terbaik untuk para pelajar (QS Best Student Cities). Daftar ini disusun lembaga pemeringkat universitas terbaik dunia, Quacquarelli Symonds (QS).
Dalam menyusun daftarnya, peneliti QS mempertimbangkan kota dengan populasi lebih dari 250 ribu orang dan memiliki dua atau lebih universitas kelas dunia.
Untuk menilai, peneliti membuat empat indikator yakni variasi mahasiswa (student mix), kualitas hidup (quality of living), penilaian dari para pengusaha (employer activicty), dan keterjangkauan (affordability). Mereka mengukur keterjangkauan dan kualitas hidup serta jumlah dan reputasi universitas.

http://i1247.photobucket.com/albums/gg634/ozone12/student.jpgTujuan penelitian ini adalah memberikan petunjuk kepada warga dunia yang ingin menempuh pendidikan tinggi di luar negeri. Tim peneliti mempertimbangkan 500 kota, namun yang terpilih hanya di bawah 100 kota. Sementara yang dipublikasikan hanya 50 kota.

Negara di Asia yang mewakili daftar QS adalah Singapura, China, Jepang, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, dan Thailand. Kota terbaik di Asia untuk para pelajar dihuni Singapura. Dalam daftar 50 kota terbaik, kota di negara pulau ini ada di peringkat 12.
Singapura ada di atas Tokyo, Jepang yang ada di peringkat 19. Tokyo berbagi tempat dengan Hong Kong di peringkat 19. Dalam penilaian keseluruhan, dua kota ini mendapat nilai sama yakni 351. Namun Tokyo unggul dalam hal keterjangkauan. Demikian seperti dilansir dari Top Universities, Kamis (16/2/2012).
Sementara kota Seoul di Korea Selatan ada di peringkat 23. Seoul unggul dari kota Beijing di China yang ada di peringkat 28. Seoul unggul dengan nilai 345 sementara Beijing ‘hanya’ mendapat nilai 329.
Taipei yang ada di Taiwan menempati peringkat 34. Kota di negara yang tengah bersitegang dengan China ini meraih nilai keseluruhan 320. China dan Jepang kembali menempatkan wakilnya melalui Shanghai (dengan nilai 306) yang ada di peringkat 39 dan Kyoto yang ada di peringkat 43 (dengan nilai 298).
Yang istimewa, dua negara di Asia Tenggara, Malaysia dan Thailand bersaing di daftar 40 besar. Adalah Kuala Lumpur di peringkat 44 dengan nilai 295 sementara Bangkok di peringkat 49 dengan nilai 279. Dari empat indikator, nilai Kuala Lumpur dan Bangkok unggul dalam indikator keterjangkauan.


0 komentar:

Poskan Komentar

Overseas Zone | Study Abroad | Sekolah Luar Negeri dan Sekolah Pilot
Copyright 2013 Pusat Informasi Dunia - Google Overseas Zone - Facebook 234 SC