Blog Information Statistic

Rabu, 07 November 2012

5 Negara Favorit Tujuan Mahasiswa Indonesia Kuliah Ke Luar Negeri



Mudahnya akses global menjadikan trend kuliah ke luar negeri para mahasiswa indonesia semakin marak. Menurut data pendidikan global UNESCO 2011 bahwa ada 5 Negara yang menjadi tujuan favorit mahasiswa indonesia yang kuliah ke luar negeri yaitu....

1. Australia (10.205)
Australia berada di peringkat teratas sebagai negara tujuan pendidikan luar negeri mahasiswa Indonesia. Hal ini disebabkan faktor jarak, beasiswa, mudahnya akses dan biaya. Biaya pendidikan masing-masing jurusan di Australia cenderung terjangkau. Jurusan yang banyak menghabiskan waktu belajar di kelas (Hukum, Seni, Ekonomi, dll) biaya pendidikannya sekitar A$ 10,000 – 13,000 per  semester. Sedangkan untuk bidang studi yang banyak menghabiskan waktu di laboratorium biasanya menghabiskan sekitar A$ 12,000-27,000 per semester.

Untuk biaya hidup tidaklah semahal seperti di Amerika atau di Inggris. Di Australia, sebulan rata-rata hanya menghabiskan A$ 1200-1500 untuk akomodasi, makan dan kebutuhan sehari-hari. Enaknya, pemerintah Australia mengizinkan para mahasiswanya untuk bekerja mendapatkan uang tambahan selama 20 jam perminggu selama semester, dan full time job selama masa liburan. Beberapa universitas bahkan membantu mahasiswanya untuk mendapatkan pekerjaan.

2. Amerika Serikat (7.386)
Banyaknya universitas kelas dunia di Amerika menjadikan Amerika salah satu negara pilihan utama bagi mahasiswa internasional dari seluruh dunia. Kualitas pendidikan dan kurikulum komprehensif Amerika sangat disukai oleh mahasiswa dan juga perusahaan internasional. Perbedaan budaya dan gaya hidup di setiap kotanya yang unik menjanjikan pengalaman hidup yang berbeda saat kuliah di Amerika.

3. Malaysia (7.325),
Malaysia merupakan salah satu negara tujuan kuliah populer di Asia yang dikenal dengan kualitas hidupnya yang baik namun dengan biaya hidup yang terjangkau. Malaysia juga disebut sebagai pusat akademik di Asia Tenggara yang menawarkan beragam pilihan program kuliah. Tidak heran jika banyak mahasiswa internasional memilih untuk kuliah di Malaysia.

4. Jepang (1.788),
Daya tarik utama untuk studi di Jepang adalah lingkungan yang menunjang untuk mempelajari sains dan teknologi yang mutakhir dan tinggi. Standar pendidikan yang tinggi, sejajar dengan standar pendidikan di negara-negara lain. Dari bidang teknologi, bahasa, budaya sampai bidang ekonomi, dapat dipelajari di berbagai lembaga pendidikan di Jepang. Riset-risetnya pun berorientasi internasional dan memiliki impact terhadap kemajuan teknologi dunia internasional.

Beasiswa-beasiswa yang bersifat tidak mengikat pun, sangat banyak disediakan baik oleh perusahaan-perusahaan swasta maupun oleh pemerintah daerah, bagi mahasiswa yang sedang berada di Jepang. Tujuan pemberian beasiswa yang tidak mengikat ini adalah menyumbangkan sebagian keuntungan sebagai bentuk kontribusi terhadap masyarakat dunia.

5. Jerman (1.546)
Jerman merupakan tujuan favorit pelajar dan mahasiswa Indonesia yang berminat belajar ke luar negeri dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa. Program pendidikan yang banyak dipilih adalah kedokteran dan teknik (engineering).  Biaya pendidikan di Jerman relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara lain di Eropa. Ini karena sekitar 90 persen universitas di Jerman merupakan universitas milik pemerintah yang dana pendidikannya berasal dari pajak masyarakat

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Overseas Zone | Study Abroad | Sekolah Luar Negeri dan Sekolah Pilot
Copyright 2013 Pusat Informasi Dunia - Google Overseas Zone - Facebook 234 SC