Blog Information Statistic

Kamis, 08 November 2012

Pendidikan di New Zealand


SEKOLAH DASAR & MENENGAH
Sekolah di New Zealand dimulai dari umur lima (5) tahun, tahun akademik mereka adalah dari bulan Januari sampai dengan Desember. Secara umum, lamanya pendidikan dasar dan menengah di New Zealand ialah 13 tahun. Primary School sampai dengan year 8, lalu Secondary School sampai year 13. Wajib belajar di New Zealand adalah sampai dengan year 10. Setelah year 10, pelajar boleh meneruskan ke Diploma untuk mendalami keahlian tertentu. Apabila pelajar meneruskan ke Secondary School hingga selesai, mereka akan mendapatkan kualifikasi National Certificate of Educational Achievement (NCEA) yang diakui di seluruh New Zealand.

INSTITUT TEKNOLOGI & POLITEKNIK (ITP)
Seperti telah disinggung sebelumnya, pelajar dapat meneruskan untuk mengambil pendidikan dan pelatihan setelah year 10. Mereka dapat mengambil Certificate, Diploma ataupun Bachelor Degree di Institut Teknologi dan Politeknik yang ada di New Zealand.

Program-program yang ditawarkan menekankan pada pengalaman dan aplikasi praktis dalam situasi kerja, seperti bidang pertanian, seni dan desain, bangunan dan konstruksi, studi media, perhotelan dan pariwisata. Semua nya dikembangkan berdasarkan kerjasama dengan kelompok penasihat yang mewakili industri tersebut, agar program yang diselenggarakan relevan, terkini dan inovatif.
Lulusan pendidikan kejuruan ini memperoleh status yang sama dengan gelar universitas.
Biaya Institut Teknologi & Politeknik berkisar antara NZ$ 15.000 – NZ$ 20.000 per tahun.


PROGRAM SARJANA PROFESIONAL (UNDERGRADUATE DEGREE) & PROGRAM PASKA PASCA SARJANA PROFESIONAL (POSTGRADUATE DEGREE)
New Zealand memiliki 8 universitas yang menawarkan lingkungan belajar yang menarik serta kualifikasi bermutu tinggi, mulai dari tingkat sarjana sampai pasca sarjana dalam studi akademik dan profesional.
Kedelapan universitas ini tersebar di seluruh New Zealand.  Universitas yang terletak di Pulau Utara adalah The University of Auckland, Auckland University of Technology (AUT), University of Waikato di Hamilton, Massey University, Victoria University. Sedangkan yang terletak di Pulau Selatan adalah University of Canterbury di Christchurch, Lincoln University yang juga di kota Christchurch, dan University of Otago di Dunedin.

Biaya kuliah di universitas biasanya berkisar antara NZ$ 20.000 - NZ$ 25.000 per tahun (tergantung dari jurusan yang diambil); sedangkan untuk jenjang Postgraduate sekitar NZ$ 22.000 – NZ 28.000 per tahun.

NEW ZEALAND QUALIFICATION AUTHORITY (NZQA)
Sebagai salah satu negara Commonwealth, New Zealand memiliki sistem pendidikan Inggris yang diakui di dunia. Kesetaraan kualitas pada semua lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta diatur oleh NZQA, bagian dari Kementrian Pendidikan. NZQA mempunyai tujuan untuk mengembangkan dan menjamin kualitas program pendidikan yang diselenggarakan oleh sekolah keguruan, politeknik, institut teknologi, dan lembaga pendidikan lainnya, kecuali universitas.

AKOMODASI
Seperti di Australia, pelajar internasional New Zealand memiliki berbagai pilihan akomodasi seperti asrama, menyewa apartemen hingga pilihan homestay.

KERJA SAMBILAN
Pada saat ini, pelajar full time dapat bekerja part time 20 jam per minggu selama masa kuliah dan bekerja full time40 jam selama masa liburan. Bahkan setelah lulus, pelajar internasional masih diperbolehkan bekerja selama satu (1) tahun. Sebelum melakukan kerja sambilan, pelajar diharuskan mendapat ijin dari kantor imigrasi New Zealand, di mana ada biaya yang diperlukan untuk memperolehnya. Gaji yang didapatkan selama kerja sambilan sekitar NZ$ 8 – NZ$ 15 per jam.

Dan Mengapa Belajar di New Zealand?
● New Zealand merupakan salah satu negara barat berbahasa Inggris yang dekat dengan Indonesia.
● Kondisi sosial dan ekonomi yang stabil.
● Masyarakat dan budaya New Zealand yang bersifat terbuka untuk orang asing.
● Mutu pendidikan yang tinggi dan diakui secara internasional.
● Lingkungan hidup dan belajar yang nyaman dan aman.
● Biaya studi yang terjangkau dengan kualitas tinggi.
● Ijin bekerja part time 20 jam per minggu saat sekolah dan full time 40 jam saat liburan sekolah.
● Sebuah negara yang modern dan memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat indah.

Sumber 

1 komentar:

  1. universitas yang bagus di new zealand apa ya?saya lulusan S1 TI, ada rencana ingin lanjut S2 d luar,tp masih cari infonya.thx

    BalasHapus

Overseas Zone | Study Abroad | Sekolah Luar Negeri dan Sekolah Pilot
Copyright 2013 Pusat Informasi Dunia - Google Overseas Zone - Facebook 234 SC